Minggu, 02 Januari 2011

. Cara ringan merawat bodi mobil

KUALITAS cat mobil yag dijual di pasaran kini bagus-bagus. Karena itu cat akan tampak mulus bila dirawat dengan tepat. Dan mencuci dinilai sangat penting dilakukan agar mobil tak mudah berkarat. Sebab karat mudah menyerang bagian komponen logam yang kotor, terutama jika terkena air garam. 

Perawatan yang perlu Anda lakukan, yakni bersihkan mobil mulai dari atas terus ke bawah. Hasilnya akan lebih baik jika memakai sampo khusus mobil dan air hangat. Setelah mencuci jangan lupa untuk mengelapnya hingga kering, dan hindari genangan air. 

Jika ada noda yang cukup bandel, sebaiknya gunakan solven yang sesuai. Setelah dicuci bersih, cuci lagi dengan air dan spon atau lap kulit halus. Kemudian bersihkan bagian bawah bodi. Ini bisa dilakukan dengan air bertekanan tinggi. 

Periksa apakah bagian tersembunyi sudah bersih. Setelah itu perhatikan lipatan spakbor, sisi bodi, susupensi, knalpot, dan di balik roda-rodanya. Jika sudah bersih, perhatikan aliran yang mengalir di lis bodi melalui lubang-lubang yang ada. Jika tidak lancar bersihkan saluran itu dengan kawat atau batang kecil.

Periksa sekeliling bodi yang telah bersih dari kemungkinan goresan maupun karat. Jika mulus, poles permukaan cat dengan wax. Gunakan bahan pemoles halus sesuai dengan cat mobil. Jika menemukan bagin cat rusak atau cacat, hindari memakai wax atau lilin, karena akan menghambat pengetacatan ulang. 

Selain itu, jangan lupa melakukan penghalusan pada bagian plastik seperti bumper, bawah bodi yang cacat. Komponen yang biasa dipakai untuk cat dapat dipakai memperhalus permukaan plastik. Lakukan pengecatan sekali lagi dengan cat khusus pada bagian plastik jika warnanya mulai kusam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar